Ikan Sebelah (Pseudopleuronectes americanus)

Apa yang pertama kali kamu pikirkan setelah membaca judul di atas?
Ikan sebelah ini hidup di laut dan rasanya sangat lezat. Sesuai namanya, ikan ini berbentuk pipih dan mempunyai mata dan mulut di salah satu sisinya saja. Karena bentuk badannya yang pipih ini, ikan sebelah dengan mudah bisa bersembunyi dibalik pasir saat dikejar pemangsanya, tentunya cuma matanya doang yang nongol buat ngintip keadaan. Bisa ngebayangin kan?
Ikan sebelah sedang menyamar di dalam pasir
Induk betina ikan sebelah ini, bisa menghasilkan telur yang banyak loh. Sekali bertelur bisa mencapai 2 jutaan loh........... Wuuuuuuuuu banyak banget ya.Uniknya anak ikan sebelah ini pada saat masih muda bentuknya menyerupai anak ikan pada umumnya, tapi semakin hari matanya bergeser ke salah satu sisinya saja. Kalo matanya bergeser ke sebelah kanan, kita sebut ikan sebelah kanan. Jika matanya bergeser ke sisi sebelah kiri, maka kita sebut ikan sebelah kiri. Ikan sebelah atau flatfish ini terbagi ke dalam 28 spesies.
Ikan sebelah ini memakan binatang berkulit keras dan hewan tak bertulang belakang. Ikan ini mengintai mangsanya dengan sangat cermat dan seksama. Begitu ada kesempatan dengan sigap dia langsung memakan mangsanya, jarang mangsa yang bisa lolos.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN BIOLOGI KELAS IX

Kenapa lalat suka menggosok-gosokan kakinya?

Bisakah kita mengusir lalat dengan kantong plastik berisi air?