Hewan dan Feromon


Apa kalian pernah melihat hewan sedang jatuh cinta? 

Kita ambil satu hewan yuks. Hewan yang sering kali kita lihat di sekitar kita. Yayayayayaya…… Kucing. Ternyata tidak seperti di tayangan televisi atau imajinasi kita loh. Ternyata kucing atau mungkin hewan lain tidak mengalami jatuh cinta terlebih dahulu agar memiliki keturunan loh. 



Pada hewan kita jumpai masa berahi. Masa berahi adalah istilah dalam seksualitas yang menunjukkan keadaan kesiapan fisik dan mental suatu individu untuk melakukan hubungan seksual/persanggamaan. Pada kasus ini ternyata kucing betina yang sedang mengalami masa berahi akan mengeluarkan suatu zat. Nama zat itu adalah Feromon, 


Feromon (bahasa Yunani: phero yang artinya pembawa, dan mone bermakna sensasi) adalah sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat seksual pada jantan maupun betina.

Zat ini berasal dari kelenjar endokrin dan digunakan oleh makhluk hidup untuk mengenali sesama jenis, individu lain, kelompok, dan untuk membantu proses reproduksi. Berbeda dengan hormon, feromon menyebar ke luar tubuh dan hanya dapat memengaruhi dan dikenali oleh individu lain yang sejenis (satu spesies). Jadi hormone feromon yang dikeluarkan kucing, hanya dapat dikenali oleh sesama kucing. Sehingga mereka tidak akan salah pasangan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN BIOLOGI KELAS IX

Kenapa lalat suka menggosok-gosokan kakinya?

Bisakah kita mengusir lalat dengan kantong plastik berisi air?